Senin, 04 Januari 2016

tugas 2 perilaku konsumen

Evaluasi Alternatif Sebelum Pembelian

            Evaluasi alternatif adalah sebuah pertimbangan akan suatu barang yang ingin dibeli dengan alternatif lainnya yang dilakukan oleh para pembeli atau konsumen sebelum sebelum melakukan pembelian. Kriteria evaluasi merupakan salahsatu aktivitas dalam proses pengambilan suatu keputusan konsumen dan memegang peranan penting dalam memprediksi perilaku pembelian konsumen.saat konsumen melakukan aktivitas tersebut, mereka sedang mempertimbangkan elemen-elemen yang terdapat pada satu produk dan menilai elemen mana yang lebih penting untuknya yang ia gunakan sebagai dasar keputusan dalam memilih sebuah produk.
Beberapa kriteria evaluasi yang umum
1.      Harga
Harga menentukan pemiliha alternatif. Konsumen cenderung akan memilih harga yang murah untuk suatuproduk yang ia tahu spesifikasinya.
2.      Nama merek
Merek terbukti menjadi determinan penting dalam pembelian obat. Nampaknya merek menjadi pengganti dari mutu dan spesifikasi produk.
3.      Negara asal
Negara merupakan dimana suatu produk dihasilkan dan menjadi pertimbangan penting dikalangan konsumen.
4.      Saliensi
Konsep saliensi mencerminkan ide bahwa kriteria evaluasi kerap berbeda pengaruhnya untuk konsumen yang berbeda dan juga produk yang berbeda.
Menaksir alternatif pilihan
Ada tiga sudut pandang dalam menaksir alternatif pilihan keputusan konsumen :
1.      Sudut pandang ekonomis
2.      Sudut pandang kognitif
3.      Sudut pandang emosional


Daftar pustaka
Seputar-mahasiswa.blogspot.com/2012/12/evaluasi-alternatif-sebelum-pembelian.html?m=1


Windytriana.wordpress.com/2013/11/18/bab-4-evaluasi-alternatif-sebelum-pembelian/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar