Evaluasi
Alternatif Sebelum Pembelian
Evaluasi
alternatif adalah sebuah pertimbangan akan suatu barang yang ingin dibeli
dengan alternatif lainnya yang dilakukan oleh para pembeli atau konsumen
sebelum sebelum melakukan pembelian. Kriteria evaluasi merupakan salahsatu
aktivitas dalam proses pengambilan suatu keputusan konsumen dan memegang
peranan penting dalam memprediksi perilaku pembelian konsumen.saat konsumen
melakukan aktivitas tersebut, mereka sedang mempertimbangkan elemen-elemen yang
terdapat pada satu produk dan menilai elemen mana yang lebih penting untuknya
yang ia gunakan sebagai dasar keputusan dalam memilih sebuah produk.
Beberapa kriteria evaluasi yang umum
1. Harga
Harga menentukan pemiliha alternatif. Konsumen
cenderung akan memilih harga yang murah untuk suatuproduk yang ia tahu
spesifikasinya.
2. Nama merek
Merek terbukti menjadi determinan penting dalam
pembelian obat. Nampaknya merek menjadi pengganti dari mutu dan spesifikasi
produk.
3. Negara asal
Negara merupakan dimana suatu produk dihasilkan dan
menjadi pertimbangan penting dikalangan konsumen.
4. Saliensi
Konsep saliensi mencerminkan ide bahwa kriteria
evaluasi kerap berbeda pengaruhnya untuk konsumen yang berbeda dan juga produk
yang berbeda.
Menaksir alternatif pilihan
Ada tiga sudut pandang dalam menaksir alternatif pilihan keputusan
konsumen :
1. Sudut
pandang ekonomis
2. Sudut
pandang kognitif
3. Sudut
pandang emosional
Daftar pustaka
Seputar-mahasiswa.blogspot.com/2012/12/evaluasi-alternatif-sebelum-pembelian.html?m=1
Windytriana.wordpress.com/2013/11/18/bab-4-evaluasi-alternatif-sebelum-pembelian/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar