SEGMENTASI
PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI
Segmentasi pasar adalah
kegiatan membagi suatu pasar menjadi
kelompok-kelompok pembelian yang berbeda yang memiliki kebutuhan,
karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau
bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai
proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk,
menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar
Dasar–dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
· Variabel geografi
Variabel tersebut, antara lain: wilayah, ukuran daerah,
ukuran kota, dan kepadatan iklim .
· Variabel demografi
Variabel tersebut, antara lain: umur, keluarga, siklus hidup,
pendapatan, pendidikan, dll.
· Variabel psikologis
Variabel tersebut, antara lain: kelas sosial, gaya hidup, dan
kepribadian.
Variabel tersebut, antara lain: manfaat yang dicari, status
pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.
Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif, yaitu:
· Dapat diukur
· Dapat dicapai
· Cukup besar atau cukup menguntungkan
· Dapat dibedakan
· Dapat dilaksanakan
Pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap
pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi
pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.
· Pemasaran massal
Pemasaran massal berfokus
pada produksi massal, distribusi massal,
dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama
keseluruh konsumen.
· Pemasaran segmen
Pemasaran segmen menyadari bahwa
pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
· Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk (marketing niche)
berfokus pada sub-group di dalam segmen-segmen. Suatu ceruk
adalah suatu grup yang didefiniskan dengan lebih sempit.
· Pemasaran mikro
Praktik penyesuaian produk dan
program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu.
Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.
Manfaat dari segmentasi pasar adalah:
· Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih
baik untuk memilih kesempatan-kesempatan pemasaran.
· Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya
terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan
anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
· Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik
dan daya tarik pemasarannya
ANALISIS DEMOGRAFI
· Analisis Demografi adalah analisis penduduk dari rahim
hingga liang kubur (from the womb to the tomb) karena meliputi analisis
penduduk pada seluruh siklus kehidupan manusia sejak dari kandungan
sampai meninggal.
· Demografi, ini merujuk data statistik penduduk, termasuk
pendapatan, rata-rata umur, dan pendidikan. Kalau menurut Hermawan, demografi
ini termasuk dalam Static Attribute Segmentation, atau cara memandang pasar
berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar
berdasarkan wilayah (negara,kawasan, propinsi, kota). Sedangkan demografi
berati kita melihat pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan,
agama dan pendidikan.
MANFAAT ANALISIS DEMOGRAFI
1. Mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk dalamsuatu
daerah tertentu.
2. Menjelaskan pertumbuhan penduduk pada masalampau,
kecenderungannya, dan persebarannyadengan sebaik-baiknya dan dengan data yang
tersedia.
3. Mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan
penduduk dengan bermacam-macam aspek organisasi sosial, ekonomi, budaya,
lingkungan dan lain-lain.
4. Memperkirakan pertumbuhan penduduk (proyeksi penduduk)
pada masa yang akan datang dan kemungkinan-kemungkinan konsekuensinya.
http://id.wikipedia.org/wiki/Segmentasi_pasar
http://noonafieda.blogspot.com/2013/10/segmentasi-dan-analisis-demografi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar