Proses Pengambilan Keputusan Konsumen
Proses
pengambilan keputusan diawali dengan adanya kebutuhan yang berusaha untuk
dipenuhi. Pemenuhan kebutuhan ini terkait dengan beberapa alternatif sehingga
perlu dilakukan evaluasi yang bertujuan untuk memperoleh alternatif terbaik
dari persepsi konsumen. didalam proses membandingkan ini konsumen memerlukan
informasi yang jumlah dan tingkat kepentingannya tergantung dari kebutuhan
konsumen serta situasi yang dihadapinya. Keputusan pembelian akan dilakukan
dengan menggunakan kaidah menyeimbangkan sisi positif dengan sisi negatif suatu
merek (compensatory decision rule) ataupun mencari solusi terbaik dari
perspektif konsumen (non-compensatory decision rule) yang setelah konsumsi akan
dievaluasi kembali.
Proses
pengambilan keputusan dapat dipandang sebagai tiga tahap yang berbeda namun
memiliki hubungan satu sama lain diantaranta:
a) Tahap input
Merupakan tahap yang mempengaruhi pengenalan konsumen
terhadap kebutuhan atas produk dan terdiri dari dua informasi
b) Tahap
Proses
Merupakan tahap yang memfokuskan pada cara konsumen mengambil
keputusan.
c) Tahap
output
Merupakan pengambilan konsumen terdiri dari dua macam
kegiatan setelah mengambil keputusan yang berhubungan erat dengan perilaku
pembeli dan evaluasi setelah membeli.
Daftar pustaka : merdifransisca.blogspot.com/m=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar